cara menabung yang baik

Bagaimana sebenarnya cara menabung yang baik? Selama pengeluaran sehari-hari kita lebih kecil dari jumlah pendapatan yang kita terima, artinya kita masih bisa menabung. Menabung adalah salah satu investasi terbaik untuk masa depan. Tapi sebelum itu, maka kita harus tahu dulu bagaimana sebetulnya jumlah pengeluaran uang kita setiap bulan. Jadi cobalah untuk berusaha mencatat berapa pengeluaran setiap hari. selanjutnya tentukan mana saja yang perlu kita kurangi.

1. Sisihkan uang pribadi
Slaah satu kiat sukses menabung adalah dengan menyisihkan uang sejak awal, pada sebelum pembayaran hal-hal lain rutin diantaranya membayar tagihan listrik, langganan air atau cicilan lainnya misalnya arisan. Tentukan pula apa tujuan jangka panjang anda secara keseluruhan lalu tabung uang Anda ke dalam tabungan atau jenis investasi terbaik. Karena jika kita sudah membiasakan diri untuk membelanjakan uang dulu lalu berusaha menabung jika ada sisa uang di akhir bulan, maka biasanya sisa uang kita hanya sedikit.

2. Menentukan Tanggal Menyimpan Uang
Apabila gaji Anda dibayar secara bulanan maka tidak akan ada masalah untuk menentukan pada tanggal berapa waktunya menyisihkan uang untuk disimpan. Tapi bagi Anda yang hanya menerima upah atau gaji setiap dua minggu sekali, maka tentukan bahwa satu dari dua tanggal tersebut untuk menyimpan uang yang akan ditabung. Jika Anda adalah wirausahawan maka anda perlu memiliki tabungan sebagai pilihan investasi terbaik, maka tentukan pada tanggal berapa dimana Anda tidak bisa membayar uang tagihan-tagihan.

3. Bayarlah Utang Anda
Sebaiknya anda segera membayar lunas hutang anda karena itu merupakan salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda menabung uang, karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan yang kita dapatkan.

4. Disiplin
Kalau hutang sudah dibayar, maka selanjutnya teruslah untuk menyisihkan uang setiap bulan ke dalam tabungan, bahkan akan lebih baik lagi apabila melakukan penarikan yang otomatis untuk anda masukkan ke dalam investasi.

6. Motivasi Diri
Anda harus meyakini apa yang menjadi keinginan anda dan mengetahui berapa sebetulnya jumlah dana yang anda butuhkan, selanjutnya anda tentukan cara yang masuk akal seperti menabung