kerjama usaha

Kerjasama untuk membangun usaha membutuhkan banyak persiapan. Sebagian orang kerja sama berjalan dengan baik dan sebagian lagi berakhir dengan buruk. Untuk menjalin kerjasama dalam suatu usaha maka harus berdasarkan komitmen baik secara hukum untuk jangka panjang dan juga bagaimana kesepakatan dalam menjalankan usaha tersebut dalam jangka pendek. Coba beri kesempatan bagi mitra bisnis Anda dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini :

1.  Membangun visi dan misi bersama
Visi dan misi adalah landasan sebagai langkah pertama. Jika kesepakatan tidak mengarah kepada tujuan yang sama maka masalah akan timbul. Motivasi harus timbul bagi masing-masing pasangan tapi secara keseluruhan maka metode harus sama.

2.  Paparkan kebutuhan dan harapan secara terbuka
Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk bekerjasama. Ada yang alasannya untuk mendapatkan modal,  memperluas jaringan pemasaran dan sebagainya. Mungkin mitra anda tidak akan berterus terang tapi ini merupakan alasan penting yang menjadi alasan bekerjasama. Terus cari tahu apa yang diinginkan mitra Anda dari kerjasama yang dibangun untuk mengantisipasi agar hal buruk tidak terjadi.

3.  Manfaatkan kekuatan mitra usaha anda
Anda dan mitra usaha anda harus saling menguatkan dengan saling memanfaatkan keahlian masing-masing untuk menunjang komitmen bisnis untuk mencapai kesuksesan bisnis.

4.  Tetapkan tujuan kerjasama
Anda dan mitra usaha anda harus menentukan tujuan usaha untuk menentukan apa yang menjadi tujuan usaha agar terstuktur dan mendukung ekspektasi masing-masing terhadap bisnis tersebut.